Latest News

Bangsaku yang Kaya Raya

Monday, May 12, 2008 , Posted by Catur Ratna Wulandari at 2:56 AM

Hari ini saya melihat ratusan orang mengantri minyak tanah. Di daerah Cihaurgelis Bandung.

Sebelumnya, saya melihat antrian orang membeli minyak tanah hanya di film G 30 S/PKI karya Arifin C. Noer. Sekarang, saya bisa melihatnya lebih sering. Saat distribusi minyak tanah dibatasi karena konversi gas elpiji, ratusan orang, bahkan ribuan orang di seluruh Indonesia mengantri minyak tanah. Di Bandung saja, waktu itu tidak sulit mencari antrian minyak. Karena di mana-mana juga ngantri.

Menjelang kenaikan BBM, katanya baru akan naik Juni nanti, beberapa antria juga sudah mulai kelihatan. Antrian ini karena barang yang dicari juga mulai langka. Minyak tanah mulai sulit dicari, elpiji juga begitu. Kalaupun ada, harganya gila-gilaan. Edan!

Seingat saya, negara saya, Indonesia yang saya cintai ini merupakan salah satu negara yang kaya raya. Sumber daya alamnya melipah. Tanahnya subur. Bukan hanya untuk ditanami, kandungan mineral di bawah tanahnya juga sanga besar. Rasanya aneh kalau sekarang melihat orang Indonesia antri minyak tanah.
Sumur minyak yang kita punya memangnya mampet dengan tiba-tiba? Oh ya saya lupa, harga minyak dunia kan sedang naik. Jadi wajar kalau harga dalam negeri juga ikut naik, baik BBM maupun minyak tanah.

Hemh...
Tetap saja aneh!
Kalau memang kita punya sumur minyak, harga minyak yang tinggi harusnya menguntungkan kita dong?! Mana ada pedagang yang paceklik ketika dagangannya sedang naik harganya?!

Ah ya.. saya lupa! Kita memang punya minyak. Bumi Indonesia ini memang mengandung banyak energi fosil. Tapi yang bikin sumurnya bukan kita. Bukan Bangsa Indonesia!
Katanya dulu kita tidak punya teknologi untuk membuat sumur-sumur itu, makanya pemerintah waktu itu mengijinkan orang asing yang bikin sumurnya. Karena mereka yang bikin, hasilnya juga buat mereka dong! Cukuplah Indonesia dikasih bagian seberapa persennya lah.

Siapa yang bodoh?!
Ah bukan soal lagi.. toh semuanya sudah berlarut-larut. Sudah terlanjur. Pemerintah sudah kehilangan taringnya untuk mengusir bangsa-bangsa asing yang mengruk minyak kita.
Yang kadang tampak ganjil di kepala saya, banyak sekali sarjana kita yang pintar-pintar itu, merasa bangga ketika menjadi bagian dari kerajaan asing yang turut mengeruk minyak kita.

Kasarnya nih, mereka mengeruk minyak kita dengan tangan-tangan orang kita sendiri.
Mungkin perlu dimaklumi karena di sana mereka bisa mengumpulkan uang yang banyak. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang bisa bangsa kita berikan. Lagi-lagi memenangkan urusan perut.
Entah bagaimana mengembalikan kejayaan bangsa saya -yang juga bangsa Anda- ini! Bangsa saya bangsa yang kaya, tidak seharusnya dia hidup susah! Tidak pantas rasanya kalau rakyatnya hidup miskin!

Marah!!!!
Tapi entah siapa yang pantas menerima kemarahan saya ini.
Tiba-tiba saya teringat kata Mahatma Gandhi, “Kemiskinan adalah bentuk terburuk dari kekerasan”.
oh...
Betapa aku mencintai bangsaku yang karut marut ini!

Currently have 2 komentar:

  1. Puput says:

    Kabar buruknya adalah, Bandung is yes way not alone. Di kalimantan sini juga gitu na. Pulau yg kaya minyak tapi krisis minyak. Phatetic. Why'd u always love something which cudn't love u back? Like jazz, stupid boys, and indonesia heheheheh.

  1. urick says:

    Hukum paretto ato aturan 20/80
    Dalam hal ini implementasinya 80% kekayaan yang ada di khatulistiwa dikuasai oleh 20% negara lain.
    80% peputaran uang dunia terdistribusi merata pada 20% korpotokrasi.
    Kata pejabat yang qta pilih tanpa dilotre (iwan fals), besarnya subsidi BBM bakalan membengkak jadi 300T dari 200T kalo BBM gak naik. Tapi Om Kwiek ngebantah, benernya subsidi segedhe itu kalo indonesia ngimpor semua minyak buat konsumsi nasional. Padahal qta juga produsen minyak toh (estimasi akhir produksi indonesia 910 ribu barel per hari, kurangnya berapa barel yang harus diimpor maap belom tahu).
    SOLUSI BLT 100rb/bulan ??? mbok ya bercermin dari BLT yang lalu2, emang berhasil apa??? kasian ntar nenek kalo ada yang mati lagi gara2 kecapekan berdiri ngantri BLT.
    Yang jelas kenaikan BBM bakal ngaruh ke warnet neh, biaya operasional (uang transport) bakal naej dunk, trus listrik bisa bakal naek dunk (PLN di indo kan ada yang pake BBM). Padahal di wanet ada 4 orang yang harus bayar kuliah, 1 orang mau ngambil kuliah lagi, and 1 satu lagi mau masuk (lagi2 pengen ada penghasilan buat masuk kuliah)
    Aq tetep cinta indonesia, kalo indonesia gak aq cintai n banyak orang mikir kayak aq, indonesia bakal mudah dipecah-pecah lagi (ingat bro ungkapan "indonesia terlalu besar untuk 1 negara", coba bentangin aja peta indonesia di eropa, bisa jadi berapa negara tuh).
    Nah kalo udah dipecah-pecah bakalan gampang lagi ngeruk kekayaan indonesia, yang sejahtera jelas bukan qta dunk, yang nikmatin ya yang 20% dunk....
    BTW ada solusi????

Leave a Reply

Post a Comment